PIR/KIR

Selasa, 29 Mei 2012

SOLAR STORM





hey guys….do you know about solar storm??
pasti pada penasaran kan.. apa sih solar storm atau yang biasa kita sebut sebagai badai matahari itu???
Kita beri sedikit gambaran deh… kita tinggal di bumi yang mendapat penerangan dari matahari.. terkadang matahari suangat… panas, tapi kadang juga hangat dan bersahabat..
Dari pada bingung- bingung… check this out!

Badai matahari berasal dari dua ledakan matahari terbesar dalam setengah tahun terakhir, yang menghantam Bumi pada Jumat, 9 Maret 2012. Fenomena ledakan yang semakin kuat dan intensif disebabkan semakin dekatnya puncak aktivitas matahari.
Di matahari, ledakan terjadi akibat terjadinya arus pendek pada benang-benang magnetik matahari. Bintik hitam yang ada di permukaan matahari merupakan lokasi tumbuhnya benang magnetik yang sewaktu-waktu berpotensi terputus, menghasilkan ledakan, dan menghamburkan partikel bermuatan dari atmosfer matahari ke tepian tata surya.
Ledakan Matahari digolongkan menjadi tiga kelas, yaitu C, M dan X. Kelas C menunjukkan ledakan kecil, M adalah ledakan kelas menengah, sedangkan X adalah ledakan besar. 
Ledakan matahari pertama terjadi pada Rabu, 7 Maret 2012, sekitar pukul 07.02 WIB. Ledakan ini tergolong dalam kelas X5.4, yang termasuk ledakan yang sangat besar jika dibandingkan dengan ledakan kedua yang terjadi satu jam kemudian, yang tergolong dalam kelas X1.3.
Menurut pengamatan Tony Phillips, astronom yang menuliskan laporan di Spaceweather, ledakan kelas X5.4 muncul pada bintik Matahari AR1429. Sebelumnya, bintik ini jugalah yang menyebabkan ledakan pada Minggu (5/3/2012).
Ledakan yang terjadi memecahkan rekor ledakan terbesar dalam lima tahun yang sebelumnya dipegang oleh ledakan pada 27 Januari 2012, tergolong kelas X1.7.
Sementara astronom mencatat bahwa erupsi Matahari terbesar pernah terjadi pada tahun 2003. Erupsi tergolong dalam kelas X28.
Peneliti Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin memperkirakan, frekuensi dan kekuatan badai matahari akan semakin meningkat, seiring dengan waktu puncak masa aktif matahari yang terjadi antara tahun 2012 sampai 2014. Tahun 2013 menjadi klimaks siklus 11 tahunan badai matahari yang dimulai pada 2009. Kekuatannya meningkat dari skala 6 yang terjadi saat ini sampai skala 9 yang diperkirakan akan terjadi pada pertengahan tahun 2013

Nah uda pada tau kan… apa sih badai matahari itu?!? Serta bagaimana perkembangan terjadinya badai matahari pada akhir2 ini dalam system tata surya… but did you know?? Badai matahari menimbulkan dampak bagi kehidupan di bumi lo…!! Let’s check this…!



badai matahari yang membawa partikel bermuatan akan dibelokkan oleh medan magnet bumi, dan satelit yang terkena partikel akan mengalami kerusakan instrumen. Kerusakan satelit akan berdampak pada jaringan telekomunikasi dan sinyal satelit. So, bagi kalian yang suka online bakalan mengganggu koneksi internet kalian.
Tidak hanya koneksi internet tapi badai Matahari bisa mengakibatkan perubahan pada lapisan ionosfer di atmosfer Bumi sehingga mengganggu komunikasi radio.

Badai kali ini diperkirakan akan memberikan ancaman tingkat menengah. Partikel bermuatan akan menghantam tameng magnetik Bumi pada kecepatan 1.800-2.000 km/s. Hantaman ini membuat tameng magnetik penyok di beberapa lokasi, namun tak sampai hancur.

Oleh tameng magnetik, partikel dibelokkan menuju Kutub Utara dan Selatan. Di daerah ini, partikel terbakar oleh atmosfer sehingga menghasilkan cahaya terang yang bisa dilihat dari Bumi sebagai aurora.

Di permukaan Bumi, badai mengancam pembangkit listrik di negara-negara sekitar kutub. Muatan pada partikel berpotensi menginduksi jaringan pembangkit sehingga pemadaman listrik dapat terjadi tiba-tiba. Tahun 1989, listrik di wilayah Quebec, Kanada, padam akibat badai Matahari.

Pasti pada resah ya… dampak badai matahari banyak yang gak bisa diajak kompromi.. tapi tenang aja, badai Matahari tidak mengakibatkan peningkatan suhu Bumi dan cuaca ekstrem. Masyarakat tak perlu khawatir, apalagi panik. Sebab, kekuatan skala 9 hanya berpotensi merusak satelit yang mengorbit bumi dan tidak menganggu aktivitas manusia di bumi. Secara umum manusia tetap aman, kita dilindungi magnetosfer dan atmosfer.
Badai Matahari tidak akan menyebabkan kepunahan makhluk hidup di Bumi alias kiamat. Jadi, tak perlu panik. Oce…J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar