PIR/KIR

Kamis, 16 Mei 2013

ADANYA KEBUN TOGA DI DI LINGKUNGAN SEKOLAH ADIWIYATA


Apa itu Adiwiyata ?
Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.


Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan hidup (pelestarian lingkungan) dan pembangunan berkelanjutan.


Karena adanya program adiwiyata ini, kita bisa memanfaatkan program tersebut untuk melestarikan lingkungan sekolah kita khususnya SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO untuk menuju sekolah adiwiyata, misalnya dengan menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang merupakan tanaman hasil budidaya yang berkhasiat sebagai obat. Tanaman obat keluarga ini pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan dengan bahan yang alami,karna kita tahu bahwa tanaman obat keluarga adalah bahan-bahan yang terdapat di lingkungan sekitar kita dan kita memanfaatkan dengan sebaik mungkin.Dalam mengatur lahan untuk tanaman obat adalah memperhatikan keindahan, tidak merusak/ mengganggu pemandangan juga harus diperhatikan keberadaan elemen taman lain. Jadi TOGA sangat cocok ditanam dimanasaja. Karena tidak membutuhkan banyak lahan, selainitu TOGA juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar