PIR/KIR

Rabu, 15 Mei 2013

ZODIA SEBAGAI OBAT NYAMUK



          
         Zodia (Evodia suaveolens) adalah tumbuhan yang masuk dalam keluarga jeruk-jerukan (Rutaceae). Merupakan tumbuhan asli Indonesia yang berasal dari Papua. Oleh penduduk setempat tanaman ini biasa digunakan untuk menghalau serangga terutama nyamuk dengan cara meletakkannya disudut ruangan.  Namun kita harus waspada, bila tanaman zodia diletakkan di ruangan sempit dengan sirkulasi udara sedikit, bisa-bisa orang yang ada di dalamnya pun pusing atau mabuk. Kali ini kami melakukan praktikum zodia yang kita buat seperti lotion. Minyak yang disuling dari daun tanaman ini mengandung linanool (46%), dimana linanool sudah sangat dikenal sebagai pengusir nyamuk.




     Alat dan bahan :
1.             Tumbuhan zodia                6. Gelas kecil 4 buah
2.            Blender / tumbukan          7. Pipet
3.            Air                                  8. Kertas pH
4.            Air sabun / sabun cair      9. Timbangan
5.            Minyak tanah                   10. Saringan(kain)


Cara Kerja :
1.   Ambil 20gr daun zodia lalu cuci bersih.
2.  Tumbuk / blender daun zodia tersebut dan campur dengan air 100ml.
3.  Bagi menjadi 4gelas.
4.  Pada gelas 3 dan 4 campurkan minyak tanah masing-masing 5 tetes lalu aduk sampai tercampur rata.
5.  Diamkan selama 24jam.
6.  Pada gelas 2 dan 4 tambahkan 1 tetes sabun cair lalu aduk sampai merata.
7.  Saring larutan pada masing-masing gelas.



Hasil pengamatan :
          Pada campuran zodia dan air,  komentar dari responden yang mencoba adalah dingin, bau tidak enak dan lengket. Pada campuran zodia, air dan sabun yaitu bau tidak enak yang menyengat, licin, dan dingin. Pada pencampuran zodia, air dan minyak didapatkan hasil agak dingin dikulit, tidak teralu licin, dan baunya biasa. Pada pencampuran zodia, air, minyak dan sabun didapatkan hasil baunya seperti lilin sabun dan minyak, licin dan lengket di kulit.



         Nah dari percobaan dan  pengamatan kami lakukan, obat nyamuk dari  tumbuhan zodia ini tidak menyebabkan iritasi dikulit  alias aman bagi kulit. Dan dari ke empat pencampuran zodia dengan zat yang kami pilih, kami merekomendasikan bahwa hasil dari pencampuran zodia yang baik adalah pada pencapuran zodia, air dan minyak untuk digunakan karena tidak menimbulkan bau yang terlalu menyengat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar