PIR/KIR

Kamis, 27 Februari 2014

Buletin Sosial


“Indonesia Kurang Membaca”
Membaca? Jika anda mendengar kata tersebut apa yang akan terbenak dalam pikiran anda? Malas, capek, atau bahkan bosan. Ya memang dikalangan remaja membaca identik dengan ketiga hal tersebut tetapi apakah anda tahu seberapa penting membaca itu? Simak ungkapan para ahli berikut.
Description: http://rigby.hmhco.com/ha/images/rigby/authors/drfarr.jpgDi negara maju seperti Jepang membaca adalah sebuah kebutuhan. Dimanapun orang berada membaca buku bukanlah pemandangan asing. Berbeda dengan negara kita. Pembaca buku tergolong orang aneh. Coba lihat di sekeliling anda berapa banyak orang yang membaca buku dibandingkan dengan  yang bermain gadget? Pasti lebih banyak orang yang bermain gadget bukan? Tak heran kalau Indonesia mendapatkan peringkat 39 pada perbandingan prestasi literasi membaca internasional. 




Salah satu upaya untuk meningkatkan budaya membaca adalah dengan membiasakannya “Bisa Karena Biasa”. Dengan membaca minimal 15-20 menit setiap hari kita akan mulai terbiasa dengan membaca. Cara tersebut adalah salah satu cara yang digunakan oleh sebuah SMA negeri terkenal di Surabaya. Mereka membiasakan membaca setiap hari dari pukul 06.30 sampai 06.50 dan bagi yang paling banyak membaca buku akan mendapatkan reward dari pihak sekolah. Jadi dengan cara tersebut motivasi pelajar dalam kegiatan membaca akan semakin meningkat.
Seperti kata pepatah bijak “sebuah langkah besar diawali dengan langkah pertama”. Jadi jika kita ingin berubah maka kita harus niat dan komitmen untuk merubahnya.
 
Semoga bermanfaat :)                            
--Numero Uno--
SOSIAL ZONE
PIR/KIR SMA Negeri 1 Sooko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar