PIR/KIR

Jumat, 09 November 2012

STOP SKS (Sistem Kebut Semalam) !




Buat anak-anak sekolah zaman sekarang pasti kenal dengan yang namanya Sistem Kebut Semalam atau yang lebih akrab disebut dengan SKS. Sistem yang sering dijadikan jurus jitu setiap ulangan maupun Ujian Nasional. Namun perlu diketahui, bahwa sistem SKS ini haruslah di hentikan. Cara belajar ini sangatlah tidak efisien, hasilnya pun tidak bertahan lama dalam ingatan serta pemahamannya pun  hanya berpusat pada teori. Belajar sistem kebut semalam memberatkan otak siswa dan kadang hasilnya sangat minim, hal itu dapat dilihat ketika terjadi kemungkinan bahwa materi yang telah dipelajari pada malam hari bisa hilang seketika pada waktu tes. Hal ini karena memori otak yang belum dapat menerima masukan yang terlalu banyak dan dalam waktu yang singkat.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar belajar bisa efektif, yaitu
1.     Jika memiliki banyak aktivitas di luar sekolah, cobalah belajar mengelola waktu belajar.
2.    Cobalah untuk menulis kembali atau membaca catatan atau materi pelajaran dari kelas di rumah, hal ini akan membantu otak mengingat kembali pelajaran dikelas, sehingga memudahkan otak untuk menyimpannya di memori jangka panjang.
3.    Buatlah catatan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, catatan yang dimiliki tidak harus rapi tapi yang penting bisa dimengerti dengan baik.
4.    Jika ada suatu materi yang belum dimengerti, cobalah untuk mengajukan pertanyaan di kelas dan membuat catatan.
5.    Buatlah rangkuman mengenai hal-hal penting ke dalam catatan kecil setiap selesai satu bab pelajaran sehingga lebih mudah untuk dipelajari.
6.    Cobalah berlatih mandiri tentang materi-materi yang sudah dipelajari. Hal ini baik untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan memperbaiki kelemahan yang dimiliki.
Nah itulah beberapa cara untuk menghindari gaya belajar SKS, buat teman-teman yang sudah membaca, marilah kita terapkan cara belajar efesien dalam kehidupan sehari-hari.

  

SUDAH TAU SKS kan??JANGAN COBA-COBA…. !!!! 
PIR/KIR SMANSASOO
~NUMERO UNO~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar